Chacha Gea
Blog Universitas Komputer Indonesia

Fenomena Konvergensi Media Public Relation

Fenomena Konvergensi Media Public Relation
Fenomena menarik belakangan ini adalah munculnya Public RelationInternet. Melalui Internet semua orang bisa bekerja layaknya di perusahaan, yakni melalui blog atau menjadi blogger. Walau dimulai sejak 1994 oleh Brad Fitzpatrick, blog atau weblog sejak 2004 semakin diminati banyak pengguna Internet. Fenomena Public Relationonline sekarang ini menjadi contoh menarik. Khalayak pengakses media konvergen alias ”pembaca” tinggal meng-click informasi yang diinginkan di komputer yang sudah dilengkapi dengan aplikasi internet untuk mengetahui informasi yang dikehendaki dan sejenak kemudian informasi itupun muncul. Alhasil, aplikasi teknologi komunikasi terbukti mampu mem-by pass jalur transportasi pengiriman informasi media kepada khalayaknya. Di sisi lain Public Relationonline juga memampukan Public Relationuntuk terus-menerus meng-up date informasi yang mereka tampilkan seiring dengan keadaan perusahaan baik itu dalam bentuk promosi maupun event-event yang akan dilaksanakan oleh perusahaan.
 
Dalam konteks yang lebih luas, konvergensi media sesungguhnya bukan saja memperlihatkan perkembangan teknologi yang kian cepat. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Di negara maju semacam Amerika sendiri terdapat tren menurunnya pelanggan media cetak dan naiknya pelanggan internet. Bahkan diramalkan bahwa dalam beberapa dekade mendatang di negara tersebut masyarakat akan meninggalkan media massa tradisional dan beralih ke media konvergen. Jika tren-tren seperti itu merebak ke berbagai negara, bukan tidak mungkin suatu saat nanti peran pers online akan menggantikan peran pers tradisional.
Konvergensi memberikan kesempatan baru kepada publik untuk memperluas pilihan akses media sesuai selera mereka. Dari sisi ekonomi media, konvergensi berarti peluang-peluang profesi baru di dunia industri komunikasi. So! Percaya atau tidak percaya tergantung kita memahaminya seperti apa, apakah masih menggunakan cara tradisioanal atau ikut serta dalam mengakses informasi dengan teknologi-teknologi yang canggih.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 22 Desember 12 - 09:59 WIB
Dalam Kategori : FENOMENA, KONVERGENSI, MEDIA, PUBLIC, RELATION
Dibaca sebanyak : 1826 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback